Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal

Jumat, 13 Januari 2012

Niat


حدثنا الحميدي عبدالله بن الزبير قال حدثنا سفيان قال حدثنا يحي بن سعيد الانصاري قال اخبرني محمد بن ابرهم التيمي انه سمع 
علقمه بن وقاص اليثي سمعت عمر بن الخطاب رضي الله عنه علي المنبر قال سمعت رسول الله صلعم.يقول انماالاعمال بالنية
"Menceritakan pada al-humaidi Abdullah bin zubair dari sofyan dari yahya bin sai'd al-ansori, berkata yahya bin ansori, mohammad bin ibrohim mengabarkan padaku bahwa dia mendengar ulaqomah bin waqqos berkata saya mendengar umar bin khattab berkata dalam pidatonya sahabat umar berkata saya mendengar rasul bersabda sesungguhnya amal perbuatan tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan apa yang di niatkannya maka barang siapa yang hijrahnya pada allah dan rasullnya maka hijrahnya pada allah dan rasulnya. Pun barang siapa yang hijrahnya karma untuk mendapatkan dunia atau wanita supaya dapat di kawininya maka ia akan mendapatkannya." (Muttafaqun alaih)
A.    Difinisi niat
Niat secara bahasa adalah al-qashd yang dalam bahasa arabnya keinginan ,maksud, tujuan, arah dan tergerak untuk melakukan sesuatu, baik itu positive maupun negative (lht.fiqih niat.hal.1)
Niat secara istilah adalah tekad hati yang kuat untuk melaukan suatu perbuatan ibadah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah (lihat, syarah hadist arba’in syaikh ibnu ustmain. Hal. 13). Inila difnisi niat secara bahasa dan istilah.
Nah kalau sudah mengetahui bahwa niat adaalah kenginan atau kehendak hati lalu di manakah tempat niat itu? Pasti antum akan menjawab di hati, karna niat adalah pekerjaan hati bukan pekerjaan mulut.
Nah, jika kit sudah tau tempat niat itu. Dan memang di hatilah tempaat niat itu. Sungguh aneh…!kenapa sebagian orang ada yang melafakan niat, baik itu niat salat, wudlu’ dan seterusnya. Bukankah ini hal yang aneh. Alau mereka di Tanya dari mana mereka mendapatkan amalan seperti itu, mereka pasti menjawab. Ya beginilah yang di ajarkan guru saya, kalau mau salat harus baca “ushalli” atau kalau mau berwudlu’ harus mengucapkan “nawaitu” padahal tidak satupun hadist yang sahih dari rosulullah maupun yang dloif bahwa rasulullah pernah melafaalkan niat, begitu juga para sahabat dan yang lainnya. Jika hal ini di perintahkan tentu rasulullah sudah mengajarkan amalan ini pada kita tetapi hal ini tdak ada sama sakali.(lihat zaadul ma’ad jil.1)
Hal yang sama juga di katakana oleh al-imam abd. Aziz bin Abdullah bin baz di dalam fatwa islamiyah, bahkan para ulama telah sepakat bahwa melafalkan niat tidak wajib, tidak sunnah bahkan ini adalah bid’ah (sesuatu yang baru dalam agama) yang berlawanan dengan syariat. Apabila dia melakukannya dan meyakini itu (mengucapkan niat) adalah bagian dari agama maka dia termasuk orang yang bodoh lagi sesat dan menyesatkan dan perlu di luruskan (lihat fiqih niat, syaikh umar bin sulaiman al-asyqar hal.93)
Maka dari itu betapa pentingnya niat dalam ibadah, apalah arti sebuah ibadah kalau tidak di sertai dengan niat. Adalah layak jika para sahabata (Ashab) berbeda asumsi tentang niat. Apakah termasuk rukun atau syarat dalam ibadah libih-lebih dalam salat?. Mayoritas/kebanyakan sahabat berasumsi bahwa niat termasuk rukun dalam ibadah (salat). Sedang menurut abu tayyib  ibni sibagh niat merupakan syarat dalam ibadah (salat).{asbahu wan nadloir karya jalluddin abdur rahman bin abi bakar as-suyuti as-syafi'I,hal.31}.dengan begitu jelas sudah kalau niat sngat berpengaruh pada nilai ibadah (salat) aeorang hamba. Juga dalam hadis nabi di sebutkan.
عن انس ر.ع. لاعمل لمن لانية له. روه البيهقي.(اسباه والنظاءر)
Artinya: tidak bernialai sebuah amal bagi orang yang tidak meniatinya.
Dalam hadist di atas sudah jelas bahwa niat sangat menentukan nilai dari ibadah (salat) seorang hamba. Sehingga ketika ibadah (salat) itu tidak di niati maka amal perbuatan itu akan sia-sia.
B.    Kesimpulan
Semua amal perbuatan tergantung pada niatnya karna setiap perbuatan di nilai sesuai dengan niatnya. Sebagaimana dalam hadist.
لاثواب الا باانية
Artinya: tidak ada pahala bagi orang yang tidak meniati dalam amal perbuatannya.



                                                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar